SIKAP SOSIAL PADA ANAK YANG MENGIKUTI PENDIDIKAN APRESIASI SENI (Studi Kualitatif pada siswa-siswi SD AL-IRSYAD Surakarta yang mengikuti Pendidikan Apresiasi Seni)

Nazlah, Nazlah (2008) SIKAP SOSIAL PADA ANAK YANG MENGIKUTI PENDIDIKAN APRESIASI SENI (Studi Kualitatif pada siswa-siswi SD AL-IRSYAD Surakarta yang mengikuti Pendidikan Apresiasi Seni). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100020223.pdf

Download (77kB)
[img] PDF
F100020223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap sosial pada anak yang mengikuti pendidikan apresiasi seni. Subjek dalam peristiwa ini terbagi menjadi Subjek utama dan Subjek pendukung. Subjek utama adalah empat orang siswa SD AL-IRSYAD Surakarta yang mengikuti Pendidikan Apresiasi Seni, sedangkan Subjek pendukung terdiri dari empat wali murid atau orang tua siswa yang bersangkutan dan dua orang guru pendamping. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa sikap sosial pada anak yang mengikuti pendidikan apresiasi seni dapat tercermin pola pikir, cara pandang, perasaan dan tingkah laku atau tindakan anak pada objek atau lingkungan sosial yang ada. Dalam hal ini dapat dilihat dari aspek kognitif Subjek yang memiliki pengetahuan, pengertian, dan pemahaman bahwa dalam kehidupan sehari-hari terdapat bermacam-macam perbedaan, namun tetap saling menghormati dan menerima. Pada aspek afektif dan aspek konatif yang dimiliki oleh Subjek menunjukkan adanya perasaan senang dapat mengenal, berteman dengan siapapun serta adanya kepedulian terhadap sesama. Subjek juga bersedia memberikan pertolongan kepada orang lain tanpa memandang segala perbedaan seperti beda suku, beda agama, beda budaya , dan lain sebagainya. Pembentukan sikap sosial pada anak yang mengikuti Pendidikan Apresiasi Seni, dipengaruhi oleh faktor orang tua dan guru, faktor kebudayaan di tempat tinggal masing-masing, dan faktor lembaga pendidikan dan ajaran agama. Masing-masingnya mengarahkan anak mempunyai sikap sosial yang baik melalui penanaman pengetahuan dan contoh, adanya pembiasaan bersosialisasi dengan orang lain baik yang memiliki kesamaan suku, agama, budaya, dan lainnya maupun yang tidak. Serta pemberian penjelasan da ri sekolah dan ajaran agama tentang berkomunikasi, berhubungan dengan sesama manusia, termasuk didalamnya didukung oleh kegiatan Pendidikan Apresiasi Seni yang diikuti anak di sekolahnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, Pendidikan Apresiasi Seni.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jan 2009 03:18
Last Modified: 24 Feb 2011 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/838

Actions (login required)

View Item View Item