PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK DAN PENILAIAN DIRI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP NEGERI 3 SELOGIRI)

ISTIKHOMAH , SITI (2010) PENINGKATAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK DAN PENILAIAN DIRI (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP NEGERI 3 SELOGIRI). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060182.pdf

Download (150kB)
[img] PDF
A410060182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui assessment for learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Selogiri yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui catatan lapangan, wawancara langsung, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12,5%, sesudah tindakan menjadi 52,5%, 2) partisipasi siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 20%, sesudah tindakan naik menjadi 67,5%, 3) partisipasi siswa dalam mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebesar 15%, sesudah tindakan naik menjadi 62,5% , 4) partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,5%, sesudah tindakan naik menjadi 75%, 5) partisipasi siswa dalam menyanggah atau menyetujui ide teman sebelum tindakan sebesar 32,5%, sesudah tindakan naik menjadi 87,5%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum tindakan prestasi belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60 sebesar 50%, sesudah tindakan naik menjadi 95%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan assessment for learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, pembelajaran. AFL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 04:59
Last Modified: 14 Nov 2010 18:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8379

Actions (login required)

View Item View Item