PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER ) BERMEDIAKAN KARTU SOAL (KARSOL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Sragen)

GAMASTUTI, NUGRAHAENI (2010) PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER ) BERMEDIAKAN KARTU SOAL (KARSOL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 4 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060176.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
A410060176.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan segiempat khususnya persegi panjang, persegi, dan jajargenjang melalui metode NHT (Numbered Head Together) bermediakan kartu soal. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 4 Sragen yang berjumlah 42 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan segiempat. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang 1) mencatat atau membuat ringkasan sebelum tindakan 57,14% dan setelah tindakan 88,09%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 0,00 % dan setelah tindakan 14,28%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 4,76% dan setelah tindakan 16,66% ,4) berinteraksi dalam diskusi sebelum tindakan 0,00% dan setelah tindakan 64,28%, 5) mengerjakan tugas mandiri atau PR sebelum tindakan 61,90% setelah tindakan 90,47%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode NHT bermediakan kartu soal dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Numbered Head Together, Aktivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 03:05
Last Modified: 14 Nov 2010 18:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8378

Actions (login required)

View Item View Item