IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING DAN STRATEGI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECIT REVIEW (PQ4R) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA HIMPUNAN (Eksperimentasi Di SMP N 2 Polanharjo kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)

WIJAYANTI, YUNI (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI CONCEPT MAPPING DAN STRATEGI PREVIEW QUESTION READ REFLECT RECIT REVIEW (PQ4R) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA HIMPUNAN (Eksperimentasi Di SMP N 2 Polanharjo kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060174.pdf

Download (927kB)
[img] PDF
A410060174.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan himpunan antara siswa yang menggunakan strategi Concept Mapping dan strategi Preview, Questions, Read, Reflect, Recit, Review (PQ4R) dalam pembelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Polanharjo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu menggunakan metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Tehnik Analisis datanya menggunakan uji t yang sebelumnya dilakukan uji Prasyarat analisis yaitu uji Normalitas Liliefors dan uji Homogenitas Barlets. Dari hasil perhitungan dengan α =5 % menunjukkan ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang menggunakan strategi Concept Mapping dan strategi Preview, Questions, Recite, Read, Reflect, Review (PQ4R) dalam pembelajaran matematika dengan thit =3,822. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan strategi Concept Mapping lebih efektif daripada dengan strategi Preview, Questions, Recite, Read, Reflect, Review (PQ4R). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata–rata siswa kelompok eksperimen 77,30 dan rata-rata kelompok kontrol diperoleh nilai 69,81.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Prestasi Belajar, Himpunan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2010 02:52
Last Modified: 14 Nov 2010 18:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8377

Actions (login required)

View Item View Item