EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri I Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2009/ 2010)

LASTRI , LASTRI (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri I Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2009/ 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060147.pdf

Download (101kB)
[img] PDF
A410060147.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Ngagoyoso Karanganyar yang berjumlah 204 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 05:05
Last Modified: 14 Nov 2010 18:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8364

Actions (login required)

View Item View Item