EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010

ASTUTI , RATIH MARLI (2010) EKSPERIMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEGIEMPAT DENGAN PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING DAN QUESTIONS STUDENTS HAVE DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060135.pdf

Download (159kB)
[img] PDF
A410060135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis : (1) Perbedaan penggunaan pendekatan pembelajaran Guided Note Taking dan Questions Students Have terhadap prestasi belajar matematika pada segiempat (2) Perbedaan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika pada segiempat (3) Perbedaan interaksi pembelajaran dengan Guided Note Taking dan Questions Students Have ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sulang Semester II yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu sebagai kelas ekesperimen dan kelas control. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian untuk α = 5 % dapat disimpulkan (1) Ada perbedaan penggunakan pendekatan pembelajaran Guided Note Taking dan Questions Students Have terhadap prestasi belajar matematika pada pokok pembahasan segiempat dengan nilai probabilitas 0,048 < 0,05. (2) Adanya perbedaan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat antara siswa yang memiliki motivasi tinggi, sedang dan rendah dengan nilai probabilitas 0,014 < 0,05. (3) Tidak ada interaksi antara pendekatan pembelajaran Guided Note Taking dan Questions Students Have ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa baik yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan segiempat dengan nilai probabilitas 0,140 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guided Note Taking, Questions Students Have, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:32
Last Modified: 14 Nov 2010 18:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item