EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA

FAUZIA , MEINA (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEER LESSONS DAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060115.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
A410060115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan serta melihat kebenaran kontribusi proses pembelajaran dengan strategi pembelajaran Peer Lessons dan Learning Start With A Question (LSQ) yang diterapkan dalam pengajaran Matematika pada siswa SMP kelas VII guna meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta untuk merangsang keberanian dan konsentrasi siswa dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Dan secara khusus bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh penggunaan strategi pembelajaran Peer Lessons dan penggunaan strategi pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dalam kegiatan belajar mengajar Matematika. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta yang terdiri dari lima kelas dan sampelnya yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa, sedangkan kelas kontrol adalah siswa kelas VIIB dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random). Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan t-tes yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan bartlet untuk uji homogenitas. Hasil penelitian dengan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar Matematika yang dipengaruhi oleh pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons dengan pembelajaran menggunakan strategi LSQ dengan th = 2,107. Lebih lanjut dikatakan bahwa prestasi belajar Matematika dengan pembelajaran menggunakan strategi Peer Lessons lebih baik daripada prestasi belajar Matematika dengan menggunakan strategi LSQ. Hal ini ditunjukkan pada hasil nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 85,55 dan kelas kontrol 74,30 pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran-Matematika, Strategi, Prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:12
Last Modified: 14 Nov 2010 18:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8356

Actions (login required)

View Item View Item