PENERAPAN METODE CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)

PURWANINGSIH , FARIDA (2010) PENERAPAN METODE CPS (CREATIVE PROBLEM SOLVING) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060111.pdf

Download (41kB)
[img] PDF
A410060111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 33 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 15,15%, dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 2) keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 9,09%, dan di akhir tindakan mencapai 37,50%, 3) keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 9,09%, dan di akhir tindakan mencapai 43,75%, 4) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 18,18%, dan di akhir tindakan mencapai 46,88%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 60,60%, dan di akhir tindakan mencapai 84,38%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, Creative Problem Solving, keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:05
Last Modified: 14 Nov 2010 18:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8354

Actions (login required)

View Item View Item