PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)

NINGRUM, RATNA MUQTI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060110.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
A410060110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 31 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengerjakan soal-soal dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 29,03%, dan di akhir tindakan mencapai 67,74%, 2) berani menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 64,51%, 3) berani menanggapi jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, dan di akhir tindakan mencapai 35,48%, 4) berani mengkomunikasikan ide atau gagasan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 16,12%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 61,29%, dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, Lightening the Learning Climate , partisipasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 04:01
Last Modified: 14 Nov 2010 18:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item