EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION ( LSQ ) DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Pada Kelas VIII Semester II MTs NEGERI SURAKARTA II TA 2009/ 2010)

KULZUM, UMMU (2010) EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE TEAM QUIZ DAN METODE LEARNING START WITH A QUESTION ( LSQ ) DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Pada Kelas VIII Semester II MTs NEGERI SURAKARTA II TA 2009/ 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060109.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
A410060109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Surakarta II yang berjumlah 253 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 74 siswa, yang terdiri dari 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, ini berarti bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Team Quiz lebih baik daripada pembelajaran matematika dengan metode LSQ, (2) Terdapat pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, ini berarti bahwa semakin tinggi aktivitas belajar siswa, maka semakin baik prestasi yang dicapai dan sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar siswa, maka semakin rendah pula prestasi belajarnya, (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Ini berarti, jika dilihat pada masing-masing tingkat aktivitas (tinggi, sedang, dan rendah), metode pembelajaran Team Quiz memiliki prestasi yang lebih baik daripada metode pembelajaran LSQ. Pada sisi lain, jika dilihat dari penggunaan metode pembelajaran, pada siswa yang mempunyai aktivitas lebih tinggi memiliki prestasi yang lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 03:43
Last Modified: 14 Nov 2010 18:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item View Item