INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWIT

ASIH, WAHYU SEKAR (2010) INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060099.pdf

Download (54kB)
[img] PDF
A410060099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemaharnan konsep matematika siswa melalui metode Group Investigation dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tinclakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit, Boyolali yang berjurnlah 37 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII A. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Untuk menjarnin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pen ingkatan pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada pokok bahasan volume bangun ruang prisma dan limas. Hal ini dapat dilihat dan 1) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal secara tepat sebelum tindakan 2 1,6% dan setelah tindakan 66,7%, 2) Kernampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 37,8% dan setelah tindakan 94,4%, 3) Kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 21,6% dan setelah tindakan 63,9%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 5,4% dan setelah tindakan 30,5%. Penelitian mi menyimpulkan bahwa dengan penggunaan macromedia flash melalui metode pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada pokok bahasan volume bangun ruang prisma dan limas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, Group-Investigation, macromedia-flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 02:30
Last Modified: 14 Nov 2010 18:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item