PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BULUKERTO

HIDAYATI, CHRISAN NUR (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BULUKERTO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060096.pdf

Download (84kB)
[img] PDF
A410060096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran metode student facilitator and explaining dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulukerto dan 2) meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bulukerto melalui metode student facilitator and explaining dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bulukerto yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang. Hal ini dapat dilihat dari aspek: 1) kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan dan mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan 15,15% dan pada akhir tindakan 78,12%, 2) kemampuan siswa menerapkan konsep secara tepat sebelum diadakan tindakan 27,27% dan pada akhir tindakan 90,62%, 3) kemampuan siswa memberikan tanggapan terhadap jawaban peserta didik lain sebelum diadakan tindakan 0 % dan pada akhir tindakan 31,25%, 4) kemampuan siswa memberikan kesimpulan materi bangun ruang sebelum diadakan tindakan 24,24% dan pada akhir tindakan 68,75% dan 5) kemampuan dalam menyelesaikan soal sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) > 60 sebelum diadakan tindakan 54,54% dan pada akhir tindakan 93,75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode student facilitator and explaining dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa XI SMK Negeri 1 Bulukerto.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode-pembelajaran, pemahaman-konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 02:26
Last Modified: 14 Nov 2010 18:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item