PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Tambakromo)

INDRIYATI, FITRIA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE INDEX CARD MATCH (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 1 Tambakromo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060089.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A410060089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendiskripsikan penerapan pembelajaran metode index card match dalam pembelajaran matematika pada kelas VII A SMP Negeri 1 Tambakromo dan 2) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi index card match dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tambakromo. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VII-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa melalui strategi index card match. Hal ini dilihat dari aspek: a). menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 15,63% dan 46,67% pada akhir tindakan; b). memberikan tanggapan atas jawaban siswa lain sebelum tindakan 46,88% dan 66,67% pada akhir tindakan; c). mengajukan ide atau tanggapan pada guru sebelum tindakan 21,88% dan 56,67% setelah tindakan; d). membuat kesimpulan materi baik secara kelompok maupun mandiri sebelum tindakan 50% dan 63,33% setelah tindakan; dan e). kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal sesuai dengan KKM sebelum tindakan 62,5% dan 93,33% setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi index card match dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep, index card match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 02:15
Last Modified: 14 Nov 2010 18:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item