PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SCRAMBLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGI EMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 KARTASURA

Damayanti, Hesti (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI SCRAMBLE DAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SEGI EMPAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II SMP N 2 KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060079.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
A410060079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menguji dan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran Scramble dan Make A Match terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat, (2) Menguji dan menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat, (3) Menguji dan menganalisis apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran Scramble dan Make A Match dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura semester II, yang terdiri dari 7 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk =5% dapat disimpulkan (1) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran menggunakan strategi Scramble dan strategi Make A Match terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat dengan nilai signifikansi Fobs= 0.007, (2) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat antara siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah dengan nilai signifikansi Fobs= 3.794, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa baik yang tinggi,sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat dengan nilai signifikansi Fobs= 0.921.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, motivasi, Scramble, Make A Match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2010 02:06
Last Modified: 27 Nov 2019 01:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item