UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak)

WIDODO , CATUR (2010) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK MELALUI PEMBELAJARAN PEER LESSON DENGAN ALAT PERAGA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060070.pdf

Download (153kB)
[img] PDF
A410060070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok melalui pembelajaran Peer Lesson dengan menggunakan alat peraga. Indikator keaktifan belajar dalam penelitian ini meliputi: aktif memperhatikan penjelasan guru di kelas, aktif bertanya terhadap materi yang belum dipahami, aktif menjawab pertanyaan, aktif mengerjakan latihan soal dan aktif mengerjakan soal di depan kelas. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIIIA SMP Negeri 2 Ngemplak, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIIA yang berjumlah 33 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah keaktifan belajar matematika mengalami peningkatan. Siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum tindakan ada 24 siswa (72,72%) menjadi 32 siswa (96,96%) setelah tindakan, aktif bertanya terhadap materi yang belum dipahami sebelum tindakan ada 2 siswa (6,06%) menjadi 11 siswa (33,33%) setelah tindakan, aktif menjawab pertanyaan sebelum tindakan ada 3 siswa (9,09%) menjadi 13 siswa (39,39%) setelah tindakan, aktif mengerjakan latihan soal sebelum tindakan ada 25 siswa (75,75%) menjadi 32 siswa (96,96%) dan aktif mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan ada 3 siswa (9,09%) menjadi 9 siswa (27,27%) setelah tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran Peer Lesson dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peer Lesson, Keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 09:40
Last Modified: 14 Nov 2010 18:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8342

Actions (login required)

View Item View Item