PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta)

ANGGRAINI, PRAMESTY (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATERI HIMPUNAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060065.pdf

Download (61kB)
[img] PDF
A410060065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada himpunan melalui strategi Everyone Is a Teacher Here dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Sebagai subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB yang berjumlah 24 siswa, dan subyek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Ada peningkatan keaktifan belajar melalui strategi Everyone Is a Teacher Here yang dapat dilihat dari aspek a) partisipasi siswa dalam membuat soal, sebelum tindakan 12,5% meningkat menjadi 91,3% pada akhir tindakan; b) tindakan siswa dalam menjawab soal, sebelum tindakan 20,83% meningkat menjadi 86,95% pada akhir tindakan; c) keberanian siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas, sebelum tindakan 16,67% meningkat menjadi 65,21% pada akhir tindakan; d) keberanian siswa dalam menjelaskan hasil pekerjaannya, sebelum tindakan 8,3% meningkat menjadi 65,21% pada akhir tindakan; e) partisipasi siswa dalam memberikan tanggapan terhadap hasil pekerjaan temannya, sebelum tindakan 8,3% meningkat menjadi 52,17% pada akhir tindakan. 2) Ada peningkatan prestasi belajar siswa melalui strategi Everyone Is a Teacher Here yang dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, sebelum tindakan 28% meningkat menjadi 83,33% pada akhir tindakan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan strategi Everyone Is a Teacher Here dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, Everyone Is a Teacher Here
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 09:22
Last Modified: 14 Nov 2010 18:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8339

Actions (login required)

View Item View Item