PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DAN MAKE-A MATCH PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SAMBIREJO SRAGEN

AMIN , ALIMAH (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAN HIELE DAN MAKE-A MATCH PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 SAMBIREJO SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060059.pdf

Download (87kB)
[img] PDF
A410060059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa pada pokok bahasan jajaran genjang dan belah ketupat dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Van Hiele dan make-a match. Jenis penelitian an ini adalah kualitatif dengan design PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Sambirejo berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan jajarran genjang dan belah ketupat. Hal ini dapat dilihat dari 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 2.5 %, pada putaran I sebesar 2.5 %, pada putaran II sebesar 5 %, di akhir putaran mencapai 12.5 %, 2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 7.5 %, pada putaran I sebesar 10 %, pada putaran II sebesar 15 %, di akhir putaran mencapai 25 %, 3) mengemukakan ide sebelum diadakan tindakan sebesar 2.5 %, pada putaran I sebesar 2.5 %, pada putaran II sebesar 7.5 %, di akhir putaran mencapai 10 %, serta 4) menjawab pertanyan sebelum putaran diadakan sebesar 5 %, pada putaran I sebesar 7.5 %, pada putaran II sebesar 20 %, di akhir putaran 30 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Van Hiele dan make-a match dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa, meliputi : 1) keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan, 2) mengerjakan soal di depan kelas, 3) mengemukakan ide, 4) menjawab pertanyan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, Van Hiele, make- a match
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 09:09
Last Modified: 14 Nov 2010 18:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8336

Actions (login required)

View Item View Item