PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEER LESSON DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Sambirejo Sragen)

ROHMAWATI, MARTIANA NUR (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEER LESSON DENGAN MENGOPTIMALKAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Sambirejo Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060058.pdf

Download (40kB)
[img] PDF
A410060058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Peer Lesson, 2) meningkatkan pemahaman konsep luas serta volume kubus dan balok melalui metode Peer Lesson, dan 3) meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Sambirejo Sragen yang berjumlah 37 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII-C. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan luas serta volume kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 5,56% dan setelah tindakan 51,35%, 2) mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 54,05%, 3) memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 0% dan setelah tindakan 48,65%, 4) mengajukan ide/tanggapan pada guru sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 32,43%, 5) membuat kesimpulan materi baik secara kelompok/mandiri sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 56,75%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa yang mendapat nilai ≥ 60, sebelum diadakan tindakan mencapai 38,89% dan setelah tindakan 97,29%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peer lesson dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, hasil-belajar, peer-lesson, barang-bekas,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 09:06
Last Modified: 14 Nov 2010 18:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item