UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit)

S U L A M I, S U L A M I (2010) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060053.pdf

Download (31kB)
[img] PDF
A410060053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian kelas ini adalah : 1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching. 2) meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit yang berjumlah 39 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIIE. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pokok (tes, observasi) dan metode bantu (wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi). Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sawit pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Reciprocal teaching pada pokok bahasan kubus dan balok. 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari indikator-indikator yang meliputi: a) keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan sebesar 7,69% dan diakhir tindakan mencapai 51,28%, b) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan sebesar 12,82% dan diakhir tindakan mencapai 61,54%, c) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide sebelum tindakan sebesar 5,13% dan diakhir tindakan mencapai 48,72%, d) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 10,26% dan diakhir tindakan mencapai 64,10%, serta e) keaktifan siswa dalam menyanggah ide teman sebelum tindakan sebesar 5,13% dan diakhir tindakan mencapai 56,41%, serta 2) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dari ketentuan sekolah yaitu mencapai nilai  50, sebelum tindakan sebesar 30,76% dan diakhir tindakan mencapai 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal teaching pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan_Siswa, Prestasi_Belajar, Reciprocal_teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 08:58
Last Modified: 14 Nov 2010 18:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8333

Actions (login required)

View Item View Item