PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)(PTK Pembelajaran Matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Bendosari Sukoharjo Pada Pokok Bahasan Segitiga)

RATNASARI, NIA (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS)(PTK Pembelajaran Matematika di kelas VII A SMP Negeri 1 Bendosari Sukoharjo Pada Pokok Bahasan Segitiga). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060047.pdf

Download (27kB)
[img] PDF
A410060047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pemecahan soal matematika dengan menerapkan model pembelajaran think pair share. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII A SMP Negeri 1 Bendosari, Sukoharjo sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah SMP Negeri 1 Bendosari, Sukoharjo sebagai subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa-siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Bendosari, Sukoharjo yang berjumlah 40 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang meliputi aspek : 1) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru atau mengerjakan soal-soal latihan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 37,5% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 80%, 2) mengemukakan ide pengerjaan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 20% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 70%, 3) ketepatan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 17,5% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 67,5% dan 4) kemampuan dalam membuat kesimpulan baik secara mandiri maupun kelompok sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 20% dan pada akhir pelaksanaan tindakan mencapai 67,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan_Komunikasi, Model_Pembelajaran_Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 08:48
Last Modified: 14 Nov 2010 18:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8330

Actions (login required)

View Item View Item