PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II DI MTsN TANON SRAGEN

JULIANTO, RUDI ANANG (2010) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER II DI MTsN TANON SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060036.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
A410060036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika siswa, 2) pengaruh motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) efek interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII MTsN Tanon Sragen yang terdiri dari tujuh kelas dan sampel siswa sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIIF sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa, sedangkan kelas eksperimen adalah siswa kelas VIIG dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelompok (cluster random sampling). Metode pengumpulan data adalah metode angket dan tes. Data dianalisis dengan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama. Sebelum analisis, dilakukan terlebih dahulu uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas Liliefors dan uji Homogenitas Bartlet. Hasil pengujian hipotesis menggunakan menunjukkan: 1) ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran menggunakan pendekatan Open-ended terhadap prestasi belajar matematika, 2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, 3) tidak terdapat efek interaksi metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Lebih lanjut prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Open-ended lebih baik daripada dengan metode konvensional. Selain itu, motivasi belajar siswa yang tinggi juga memberikan prestasi belajar yang tinggi pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open-ended, motivasi-belajar, prestasi-belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 08:40
Last Modified: 14 Nov 2010 18:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item