MEMINIMALKAN KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS MELALUI STRATEGI PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF ( PTK di Kelas VIIIE Semester I SMP Negeri 2 Grobogan )

PARJITO, PARJITO (2010) MEMINIMALKAN KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN GARIS LURUS MELALUI STRATEGI PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF ( PTK di Kelas VIIIE Semester I SMP Negeri 2 Grobogan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050191.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
A410050191.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus dengan strategi problem solving dalam pembelajaran kooperatif dan meningkatkan hasil belajar siswa yang ditinjau dari nilai ulangan siswa yang > 60 dan nilai rata – rata kelas di tiap putaran. Subyek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP N.2 Grobogan yang berjumlah 42 siswa, subyek pembantu adalah wakil kepala sekolah dan peneliti adalah sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan dan metode test. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan 1). Adanya penurunan kesalahan siswa dalam a). Menggunakan data yang diketahui, yaitu 38 siswa (90,48%) sebelum diadakan tindakan menjadi 10 siswa (23,81%) pada tindakan terakhir, b). Kesalahan penerapan rumus, yaitu 40 siswa (95,24%) sebelum diadakan tindakan menjadi 8 siswa (19,05%) pada tindakan terakhir, c). Kesalahan perhitungan, yaitu 41 siswa (97,62%) sebelum diadakan tindakan menjadi 6 siswa (14,29%) pada tindakan terakhir. 2). Adanya peningkatan hasil belajar siswa di tinjau dari a). nilai ulangan siswa > 60, yaitu 2 siswa (4,76%) sebelum diadakan tindakan menjadi 41 siswa (97,62%) pada tindakan terakhir, b). Nilai rata – rata kelas di tiap putaran, yaitu 39,29 sebelum diadakan tindakan menjadi 71,66 pada tindakan terakhir. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi problem solving dalam pembelajaran kooperatif dapat meminimalkan kesalahan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Hasil Belajar, Problem Solving, Kooperatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 07:39
Last Modified: 14 Nov 2010 18:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8318

Actions (login required)

View Item View Item