PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PECAHAN MELALUI LESSON STUDY DENGAN STRATEGI INQUIRY TERBIMBING (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Genap SD Negeri Jabung 1 Sragen Tahun Ajaran 2009/2010)

HERMAWAN, NANANG (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA PECAHAN MELALUI LESSON STUDY DENGAN STRATEGI INQUIRY TERBIMBING (PTK Pada Siswa Kelas IV Semester Genap SD Negeri Jabung 1 Sragen Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050166.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
A410050166.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada pecahan menggunakan Lesson Study dengan Strategi Inquiry Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Jabung 1 yang berjumlah 26 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) keaktifan siswa dalam: a) mengajukan pertanyaan kepada guru setiap putaran meningkat. Sebelum Putaran (11,58%), putaran I (28 %), putaran II (42,31 %) dan putaran III meningkat menjadi (66,67 %), b) mengerjakan soal didepan kelas setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (7,69 %), putaran I (20 %), putaran II (46,15 %), dan putaran III meningkat menjadi (70,83 %), c) mengemukakan ide setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (3,85 %), putaran I (16%), putaran II (34,62 %) dan putaran III meningkat menjadi (62,5%), d) menjawab pertanyaan setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (15,38 %), putaran I (32 %), putaran II (50 %) dan putaran III meningkat menjadi (75 %). 2) prestasi belajar siswa dalam mengerjakan latihan kemandirian setiap putaran meningkat, sebelum putaran (26,92 %), putaran I (44%), putaran II (57,69%), dan putaran III meningkat menjadi (79,17%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Lesson Study dengan Strategi Inquiry Terbimbing dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi belajar, Lesson Study, Inquiry Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 07:25
Last Modified: 14 Nov 2010 19:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8315

Actions (login required)

View Item View Item