PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (PTK Kelas VII SMP Negeri I Baki Semester II Tahun Ajaran 2009/2010)

PURNOMO , NANANG (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (PTK Kelas VII SMP Negeri I Baki Semester II Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050134.pdf

Download (479kB)
[img] PDF
A410050134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada bangun datar segi empat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas, dan kepala sekolah sebagai subjek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP N I Baki yang berjumlah 37 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, wawancara langsung, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam: 1) mengajukan pertanyaan kepada guru setiap putaran meningkat. Sebelum Putaran (10,8%), putaran I (16,2%), putaran II (21,6%) dan putaran III meningkat menjadi (27%), 2) mengerjakan soal didepan kelas setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (21,6%), putaran I (29,7%), putaran II (32,4%), dan putaran III meningkat menjadi (37,8%), 3) menanggapi jawaban teman setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (5,4%), putaran I (10,8%), putaran II (16,2%) dan putaran III meningkat menjadi (18,9%), 4) menjawab pertanyaan setiap putaran meningkat. Sebelum putaran (18,9%), putaran I (24,3%), putaran II (27%) dan putaran III meningkat menjadi (35,1%), 5) prestasi matematika pada tugas akhir setiap putaran meningkat, sebelum putaran (48,6%), putaran I (54,1%), putaran II (62,1%), dan putaran III meningkat menjadi (86,5%), 6) prestasi matematika pada ulangan setiap putaran meningkat, sebelum putaran (43,2%), putaran I (51,3%), putaran II ( 56,8%), putaran III (81,1%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Numbered Head Together dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, prestasi belajar, numbered head together
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 05:16
Last Modified: 14 Nov 2010 19:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item