PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)

NUGROHO, DANANG SATRIO (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050041.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
A410050041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pemahaman_konsep, Pair_ Checks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2010 03:17
Last Modified: 14 Nov 2010 19:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8302

Actions (login required)

View Item View Item