PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, 2 dan 3 Surakarta)

HIDAYAT, ROSIDAH ’ALIIM (2008) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, 2 dan 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai hal-hal paling mendasar dalam pengembangan bahan ajar matematika KTSP yang dilakukan SMA Muhammadiyah Kota Surakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek yang melakukan tindakan adalah peneliti, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah guru matematika, peserta didik dan dokumen-dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode serta member check. Teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian, (1) pengembangan bahan ajar matematika KTSP menggunakan prinsip ilmiah, relevan, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, menyeluruh, sistematis dan konsisten, (2) langkah-langkah pengembangan bahan ajar matematika KTSP dilakukan dengan mengidentifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengkaji materi dan mengambil dari banyak sumber bahan ajar dan (3) faktorfaktor pendukung dan kendala bahan ajar adalah guru matematika, peserta didik, iklim kelas, fasilitas sekolah dan alokasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada kepala sekolah hendaknya menambah dan memperbaiki fasilitas sekolah, kepada guru hendaknya berusaha meningkatkan pengetahuan dan kepada peneliti berikutnya, mengadakan penelitian perkembangan dan keragaman peserta didik dalam pengembangan bahan ajar secara lebih mendalam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, prinsip-prinsip, langkah-langkah, fasilitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Jan 2009 08:21
Last Modified: 11 Dec 2014 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item