IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN TEKNIK INQUIRY SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

FARIDA, HEMA NUR (2008) IMPLEMENTASI IMPROVING LEARNING DENGAN TEKNIK INQUIRY SEBAGAI USAHA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040139.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis dan menguji peningkatan keaktifan siswa melalui Improving Learning dengan teknik inquiry, 2) menganalisis dan menguji peran aktif siswa dalam meningkatkan hasil belajar melalui Improving Learning dengan teknik inquiry. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini diawali dengan dialog awal, observasi awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subyek yang melakukan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerjasama dengan guru matematika serta rekan sesama peneliti sebagai pengamat, sedangkan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan catatan lapangan serta metode bantu yang meliputi wawancara dan dokumetasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) implementasi Improving Learning dengan teknik inquiry dapat meningkatkan keaktivan siswa dalam pembelajaran matematika, (a) keaktivan bertanya terjadi peningkatan sebesar 34.21%, (b) keaktivan menjawab pertanyaan terjadi peningkatan sebesar 36.84%, (c) keaktivan maju ke depan terjadi peningkatan sebesar 42.10% dan (d) keaktivan dalam mengerjakan soal juga terjadi peningkatan sebesar 36.84%. 2) peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ditunjukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 44.73%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Improving Learning, inquiry, keaktivan, pembelajaran, matematika, PTK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Jan 2009 07:51
Last Modified: 11 Dec 2014 11:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item