UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) (PTK di MTs Alhuda Gondangrejo Karanganyar Kelas VIII Semester Genap Tahun ajaran 2007/2008)

ANWAR, CHOIRUL (2008) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL ) (PTK di MTs Alhuda Gondangrejo Karanganyar Kelas VIII Semester Genap Tahun ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040144.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A MTs Alhuda Gondangrejo yang berjumlah 20 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika dan subyek yang membantu pelaksanaan adalah peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yang meliputi observasi dan tes, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) dapat meningkatkan keaktivan belajar siswa, dapat dilihat dari keaktivan bertanya, menjawab pertanyaan, mengerjakan soal latihan di depan kelas dan mengerjakan soal-soal latihan. Adapun perubahan keaktivan tersebut adalah a) keaktivan bertanya mencapai 40 %, b) keaktivan menjawab pertanyaan mencapai 50 %, c) mengerjakan soal di depan kelas mencapai 30 %, d) mengerjakan soal-soal latihan mencapai 90 %. (2) dapat meningkatkan prestasi belajar yang diperoleh dari hasil nilai siswa dengan hasilnya pada tiap-tiap putaran telah mengalami kenaikan yaitu pada putaran I mencapai 50 %, pada putaran II mencapai 75 % dan putaran III mencapai 90 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan-kontekstual, meningkatkan, prestasi-belajar, matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Jan 2009 07:23
Last Modified: 11 Dec 2014 11:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item