Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Dan VI SD N 03 Ngringo Jaten Karanganyar

Wahidah Lailatusiami, Nurul and , Dra. Yayah Khisbiyah, M.A (2020) Hubungan Penggunaan Gawai Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Dan VI SD N 03 Ngringo Jaten Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (651kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penggunaan gawai sebagai salah satu faktor eksternal pada siswa dapat mempengaruhi hasil belajarnya, karena pada dasarnya dengan adanya gawai ini, siswa diharapkan dapat mengatasi keterbatasan ilmu pengetahuan dan informasi yang belum dapat dijelaskan oleh guru. Tetapi disisi lain, adanya penggunaan gawai ini juga dapat menurunkan hasil belajar siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gawai dengan prestasi belajar siswa kelas V dan VI SD Negeri 3 Ngringo Karanganyar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 69 siswa dengan menggunakan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Product Moment. Hasil perhitungan product moment diperoleh nilai koefisien korelasi r (xy) = 0,784 dengan signifikansi = 0,000; (p < 0,01), artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara penggunaan gawai dengan prestasi belajar siswa. Sumbangan efektif penggunaan gawai terhadap prestasi belajar siswa sebesar 78,40%. Dari hasil penelitian ini juga diketahui bahwa penggunaan gawai dalam kategori sedang dan prestasi belajar siswa dalam kategori cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan gawai, prestasi belajar, siswa.
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: NURUL WAHIDAH LAILATUSIAMI
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:07
Last Modified: 28 Feb 2020 03:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82176

Actions (login required)

View Item View Item