PENGARUH EVA,ROA, ROE DAN ROS PERUSAHAAN TERHADAP RETURN PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ(2003-2005)

SUNDARI, LINDA SRI (2008) PENGARUH EVA,ROA, ROE DAN ROS PERUSAHAAN TERHADAP RETURN PEMEGANG SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEJ(2003-2005). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B_200_040_009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh EVA, ROA, ROE dan ROS terhadap return pemegang saham pada perusahaan manufaktur. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelompok perusahaan manufaktur dengan kategori perusahaan yang sahamnya aktif diperdagangkan di BEJ selama periode pengamatan (31 Desember 2002 sampai dengan 2005). Jumlah sampel yang diperoleh berdasarkan kategori tersebut berjumlah 35 perusahaan. Teknik regresi model linier berganda digunakan untuk teknik analisis ini dengan uji hipotesis t-test dan F-test pada level of significance 5% (α = 0,05). Sedangkan pengujian asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokolerasi dan uji heterokedastisitas. Dari uji hipotesis menunjukan bahwa, EVA berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur. Sedangkan ROA, ROE, dan ROS tidak berpengarh terhadap return saham. Keterbatasan hasil penelitian ini terletak pada jumlah sampel yang digunakan,dimana sampel yang digunakan hanya terbatas pada sektor manufaktur dengan periode pengamatan yang terlalu pendek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EVA, Profitabilitas dan return saham.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 5 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2008 03:31
Last Modified: 17 Nov 2010 13:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item