PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNIK PEMELIHARAAN MEKANIK INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI

Wahyudi, Jaeni Edi and -, Prof. Dr. Tjipto Subadi, M. Si and -, Dr. Sabar Narimo, M.M, M.Pd (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TEKNIK PEMELIHARAAN MEKANIK INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
1.SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (977kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI fix.pdf

Download (608kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teori TPMI di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 2) Mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran praktik TPMI di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 3) Mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media pembelajaran saat pembelajaran TPMI di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 4) Mendeskripsikan penataan ruang bengkel TPMI di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali Jenis penelitian yang digunanan adalah kualitatif, sedangkan desain penelitiannyaadalah Etnografi. Data dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh langsung ditempat penelitian dan data sekunder yang diperoleh melalui sumber bacaan maupun dokumen tertulis.Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Kurikulum, Ketua Program Keahlian, Guru Mata Pelajaran TPMI, Toolman Bengkel dan Siswa. Kehadiran peneliti di lokasi penelitian adalah sebagai instrumen dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah secara interaktif dan non interaktif Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran TPMI di SMK Muhammadiyah 04 Boyolali menggunakan Kurikulum 2013. Pembagian jadwal pelajaran produktif dengan sistem blok, satu mata pelajaran dipegang oleh satu guru. Penentuan jadwal teori dan praktik dilakukan dengan menelaah kurikulum dan disinkronisasi dengan DU/DI. Lamanya pembelajaran teori tergantung pada kompleksitas materi pelajaran. Pelajaran teori didahului dengan kegiatan literasi discovery dan di akhiri dengan refleksi. Interaksi siswa akan lebih aktif saat praktik bengkel. 2) Pembelajaran praktik dilaksanakan secara individu kelompok tergantungrasio jumlah mesin terhadap siswa. Untuk mengoptimalkan pelajaran praktik maka dilakukan spleatsystem, yaitu menggunakan mesin di bengkel lain saat tidak digunakan. 3) Media pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran TPMI adalah LCD proyektor, file-file materi, benda-benda teknik, perkakas tangan, alat-alat ukur dan mesin beserta perlengkapannya. 4) Bengkel TPMI terdiri atas bengkel kerja bangku, bengkel pemesinan, bengkel pengelasan dan bengkel kelistrikan mesin. Keempat bengkel dibangun dalam satu gedung dengan ruang peralatan di bagian tengah yang dilengkapi dengan pintu dan loket yang terhubung ke semua bengkel. Kelengkapan peralatan di kelola dan diinventarisasi oleh Toolman, bagi guru dan siswa yang meminjam peralatan wajib mengisi buku atau kartu peminjaman. ABSTRACT This research aims to: 1) Describe the implementation of TPMI theory learning at SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 2) Describe and analyze the implementation of the practice of TPMI in SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 3) Describe and analyze the use of instructional media when learning TPMI at SMK Muhammadiyah 04 Boyolali. 4) Describe TPMI workshop space arrangement in SMK Muhammadiyah 04 Boyolali The type of research used is qualitative, while the research design is Ethnography. The data in this study are primary data obtained directly at the research site and secondary data obtained through reading sources and written documents. The data sources of this research are the Principal, Vice Principal of Curriculum, Head of the Expertise Program, TPMI Subject Teachers, Toolman Workshop and Students. The presence of researchers at research sites is as an instrument and students. Data collection methods used are interactive and non-interactive. The results of the study show: 1) TPMI learning at SMK Muhammadiyah 04 Boyolali uses Curriculum 2013. Distribution of productive lesson schedules with a block system, one subject is held by one teacher. Determination of theoretical and practical schedules is done by reviewing the curriculum and synchronizing with DU / DI. The duration of learning theory depends on the complexity of the subject matter. The theoretical lessons are preceded by literacy activities, discovery activities and end with reflection. Student interaction will be more active during workshop practice. 2) Practical learning is carried out individually as a group depending on the ratio of the number of machines to students. To optimize the practice lesson, a spleat system is carried out, that is, using a machine in another workshop when not in use. 3) The learning media used when learning TPMI are LCD projectors, material files, technical objects, hand tools, measuring instruments and machines along with their equipment. 4) TPMI Workshop consists of bench workshops, machining workshops, welding workshops and machine electrical workshops. The four workshops are built in one building with equipment rooms in the middle which are equipped with doors and counters that are connected to all workshops. Equipment is managed and inventoried by Toolman, for teachers and students who borrow equipment must fill in

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: JAENI EDI WAHYUDI
Date Deposited: 27 Feb 2020 06:31
Last Modified: 27 Feb 2020 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81993

Actions (login required)

View Item View Item