Perancangan Sistem K3 Dalam Aktivitas Praktikum Teknik Industri Berdasarkan Metode Swift (The Structured What-If Analysis) di Teknik Industri Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri, Lantai 3 Gedung H, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tri Mahendar, Faria and , Dr. Ir. Indah Pratiwi, ST., MT. (2020) Perancangan Sistem K3 Dalam Aktivitas Praktikum Teknik Industri Berdasarkan Metode Swift (The Structured What-If Analysis) di Teknik Industri Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri, Lantai 3 Gedung H, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
NASKAH PUBLIKASI FARIA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN FARIA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Risiko tentang bahaya kerja tidak hanya berada diperusahaan atau digedung-gedung besar tetapi segala tempat yang beresiko menimbulkan kecelakaan kerja tentunya perlu terstandarisasi yang mengacu pada standarisasi K3 demi mendapatkan kenyamanan dan keamanan. Saat ini banyak kita jumpai karyawan di perusahaan yang kurang menyadari terhadap penerapan sistem K3, hal semacam ini tidak lain dikarenakan SDM yang kurang mendukung. Sebagai sarana untuk mulai mengenalkan K3 kedalam sistem edukasi tentunya yang pertama adalah memasukkan mata kuliah K3 didalam perkuliahan, selain itu untuk memperdalam pemahaman mahasiswa bisa juga kita langsung mempraktikkan sistem K3 tersebut didalam sebuah kampus dengan cara membuat bangunan kampus standar dengan detail-detail K3. Sehingga mahasiswa akan paham lebih mendalam dengan adanya praktik langsung didalam kampus melalui Standar Operasional Sistem yang sudah menyerupai sebuah perusahaan. Faktor kecelakaan yang terjadi di laboratorium komputer dan laboratorium PTI diakibatkan karena alat pelindung diri (APD) yang tidak ditaati oleh mahasiswa, melanggar larangan/ peraturan yang telah ditetapkan, dan ketidaktahuan mahasiswa akan pentingnya K3. Metoda SWIFT merupakan metode identifikasi bahaya yang memperkirakan bahaya yang timbul dan mempersiapkan daftar periksa yang dapat mengungkapkan kemungkinan bahaya yang terkandung dalam unit proses. Analisis dilakukan dengan penentuan prioritas bahaya yang terjadi untuk dibuat suatu usulan perbaikan. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan usulan perbaikan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja pada Teknik Industri menentukan sistem Standar Operational Procedure (SOP) yang akan diamati, mengidentifikasi potensi bahaya yang mungkin terjadi di stasiun kerja menggunakan kata kunci checklist, dan membuat usulan perbaikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: K3, SWIFT, Potensi Bahaya, SOP, Pengendalian Resiko
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: FARIA TRI MAHENDAR
Date Deposited: 22 Feb 2020 06:55
Last Modified: 22 Feb 2020 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81520

Actions (login required)

View Item View Item