Implementasi Evaluasi Perkembangan dalam Pendidikan anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Boyolali

Sulistyowati, Titin and -, Dr. Darsinah, M.Si and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2020) Implementasi Evaluasi Perkembangan dalam Pendidikan anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab I)
4. BAB I TITIN.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II titin.pdf

Download (394kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III TITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV TITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V TITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DFTR PUSTAKA-.pdf

Download (383kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. hlmn depan titin.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
1. pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. naskah publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to describe: 1) the assessment procedures, 2) the relevance of the assessment with the objectives and 3) the use of the results of the assessment in TK Negeri Pembina Boyolali District. This research is a qualitative research. The data collected is data about 1) assessment procedures, 2) data relevance of learning objectives to evaluation, 3) data about utilization of evaluation. Data were collected using direct interview techniques, observations and documentation which were then validated by triangulation of techniques and sources. This data was analyzed using an interactive analysis model of 1) data collection, 2) Data Reduction, 3) data presentation, 4) drawing conclusions. The results of data analysis show that 1) evaluation procedures are carried out only by conducting daily and semester assessments. 2) some of the objectives cannot be revealed in the evaluation, because not all activities are able to reveal the objectives that exist in the Daily Activity Implementation Plan, 3) The results of the evaluation are only used to report the development of children in school to parents. Keyword: implementation, early childhood, evaluation ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan:1) prosedur penilaian, 2) relevansi penilaian dengan tujuan dan 3) pemanfaatan hasil penilaian di TK Negeri Pembina Kecamatan Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data tentang 1) prosedur penilaian, 2) data relevansi tujuan pembelajaran dengan evaluasi, 3) data tentang pemanfaatan evaluasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara langsung, observasi dan dokumentasi yang kemudian divalidasi dengan triangulasi teknik dan sumber. Data ini dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yaitu 1) pengumpulan data, 2) Reduksi Data, 3) sajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan 1) prosedur evalusi dilakukan hanya dengan melakukan penilaian harian dansemester. 2) sebagian tujuan tidak dapat diungkap dalam evaluasi, karena tidak semua kegiatan mampu mengungkap tujuan yang ada pada Rencana Pelaksanaan Kegiatan Harian, 3) Hasil evaluasi hanya dimanfaatkan untuk melaporkan perkembangan anak di sekolah pada orang tua. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Anak Usia Dini, Evaluasi,

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Anak Usia Dini, Evaluasi,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: TITIN SULISTYOWATI
Date Deposited: 20 Feb 2020 03:50
Last Modified: 20 Feb 2020 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81181

Actions (login required)

View Item View Item