Kontribusi Fasilitas Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika dan Keaktifan Berorgnisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jatipurno

Kuncoro, Andrian Fajar and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si Kontribusi Fasilitas Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika dan Keaktifan Berorgnisasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jatipurno. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI new.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN NEW.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar matematika, motivasi belajar matematika, dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika, (2) untuk mengetahui kontribusi fasilitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, (3) untuk mengetahui kontribusi motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika (4) untuk mengetahui kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini 148 siswa kelas VIII SMP N 1 Jatipurno. Sampel penelitian 108 siswa ditentukan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling random. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis dengan taraf signifikansi 0.05 menunjukkan bahwa : (1) terdapat kontribusi fasilitas belajar matematika, motivasi belajar matematika dan keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika dengan F_hitung sebesar 4,749. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,1205 atau 12,05%.(2) tidak terdapat kontribusi fasilitas belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika karena t_hitung < t_tabel sebesar -4,84382 < 1,9830 dengan SR%=29,935% dan SE%=3,607%.(3) terdapat kontribusi motivasi belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika dengan t_hitung sebesar 3,10509 serta memberikan SR%=30,320% dan SE%=3,653%.(4) terdapat kontribusi keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar matematika dengan t_hitung sebesar 3,80048 serta memberikan SR%=39,745% dan SE%=4,789%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fasilitas, motivasi, keaktifan berorganisasi, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANDRIAN FAJAR KUNCORO
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:36
Last Modified: 18 Feb 2020 04:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/81151

Actions (login required)

View Item View Item