PENGARUH PELATIHAN KEPERCAYAAN DIRI MENGGUNAKAN METODE HIPNOSIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMESTER

Indrayanto , Bayu Widya (2010) PENGARUH PELATIHAN KEPERCAYAAN DIRI MENGGUNAKAN METODE HIPNOSIS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X DALAM MENGHADAPI UJIAN SEMESTER. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050262.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
F100050262.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kepercayaan diri yang rendah dipengaruhi oleh konsep diri yang negatif, harga diri yang rendah, dan pengalaman masa lalu, sedangkan hipnosis berfugsi untuk memberikan konsep diri yang positif, meningkatkan harga diri, dan meingkatkan citra diri. Siswa kelas X di SMA N 1 karanganyar merupakan siswa yang pertama kali dikenakan kurikulum bebasis internasional. Sehingga para siswa kurang percaya diri menghadapi ujian semester. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis terhadap kepercayaan diri siswa kelas X dalam menghadapi ujian semester. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis terhadap kepercayaan diri siswa dalam menghadapi ujian nasional. Untuk mengungkap hal tersebut, peneliti menggunakan skala kepercayaan diri yang disusun berdasarkan aspek kepercayaan diri dari Antony (1992) yaitu keyakinan akan kemampuan diri, mandiri, optimis, rasa aman, ambisi normal, dan tidak mementingkan diri sendiri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N I Karanganyar (N = 67), teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini merupakn penelitian experiment dengan menggunakan rancangan eksperimen pre-test post-test Untreated Control Group Design dan analisis data menggunankan metode statistik parametrik T-Test atau Uji-T. Hasil analisis Uji-T pre test kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen menunjukan nilai rata-rata pre test kelompok kontrol 83,64 dan mean dan kelompok eksperimen 84,53 dengan p=0,728 yang diartikan tidak ada perbedaan nilai rata-rata pada skor pre-test kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hasil analisis pre test denga post test kelompok kontrol diperoleh hasil mean pre test 83,64 dan mean post test 83,00 dengan p 0,000 yang diartikan ada perbedaan nilai rata-rata pre test dengan post test pada kelompok kontrol yang sangat signifikan dimana nilai post test lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata pre test. Dari hasil analisis antara pre test dengan post tes pada kelompok eksperimen diperoleh hasil nilai rata-rata pre test 84,53 dan post test 105,88 denagn p=0,000 yang diartikan ada perbedaan yang signifikan mean antara skor pre test dan post test kelompok eksperimen. Dari hasil analisis antara post test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai p=0,000 yang dapat diartikan ada perbedaan skor antara post test kelompok eksperimen dengan post test kelompok kontrol yang sangat sigifikan. Dari hal diatas dapat disimpulkan bahwa pelatihan kepercayaan diri menggunakan metode hipnosis dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menghadapi ujian semster.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: methode hipnosis, kepercayaan diri mengahdapi ujian akhir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 09 Jul 2010 08:51
Last Modified: 14 Nov 2010 21:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8108

Actions (login required)

View Item View Item