Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif di SMP Negeri 5 Surakarta

Muslihatun, Ana and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif di SMP Negeri 5 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, banyak jenis media pembelajaran yang dapat dikembangkan. Media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menjadi salah satu pengembangan inovasi yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang digunakan guru selama ini, mendeskripsikan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Terdapat 7 tahap yang dilakukan dalam pengembangan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba, dan produk layak. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 5 Surakarta. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validasi dari ahli materi sebesar 88,75% yang termasuk dalam kategori sangat layak, hasil persentase validasi dari ahli media sebesar 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak, hasil persentase penilaian dari guru sebesar 98,96% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dan hasil persentase penilaian dari siswa sebesar 85,92% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan penilaian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning media, interactive multimedia, mathematics learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ANA MUSLIHATUN
Date Deposited: 15 Feb 2020 04:42
Last Modified: 15 Feb 2020 04:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/80954

Actions (login required)

View Item View Item