HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI DENGAN INTENSI MEMBELI PADA PRODUK MINUMAN BERKARBONASI

SIDIQ, WILDAN (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI DENGAN INTENSI MEMBELI PADA PRODUK MINUMAN BERKARBONASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050205.pdf

Download (39kB)
[img] PDF
F100050205.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Para pelaku bisnis seperti produsen sebuah produk yang ditujukan untuk kepentingan konsumen, telah menggunakan beberapa cara agar produknya dapat dikenal dan dibeli masyarakat selaku konsumen, sehingga mereka perlu membuat suatu inovasi agar produknya senantiasa diingat dan secara tak langsung selalu dibeli saat jenis produk tersebut dibutuhkan, dan bila hal itu terjadi maka bisa dikatakan bahwa produsen tersebut sudah berhasil membangkitkan intensi membeli pada konsumen. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklan komersial di televise dengan intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi. Hipotesis yang diajukan adalah : “Ada hubungan yang positif antara persepsi terhadap iklan komersial di televisi dengan intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi”. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengambilan data penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalisis dengan korelasi product moment. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam alat ukur yaitu: (1) skala persepsi terhadap iklan komersial di televisi, (2) skala intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi. Hipotesis dari penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hipotesis terbukti yakni ada hubungan poistif antara persepsi terhadap iklan komersial di televisi dengan intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi yang ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r) = 0,423 dengan p<0,01. Semakin positif persepsi terhadap iklan komersial di televisi akan semakin tinggi pula intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi, dan sebaliknya semakin negatif persepsi terhadap iklan komersial di televisi akan semakin rendah pula intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi. Sedangkan rerata hipotetik yang dibandingkan dengan rerata empirik maka dapat disimpulkan bahwa siswa SMA Negeri I Karanganyar rata-rata mempunyai persepsi terhadap iklan komersial di televisi tinggi dan intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi sedang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap iklan komersial di televisi pada siswa SMA Negeri I Karanganyar memberikan sumbangan efektif sebesar 17,9 % terhadap variabel intensi membeli, yang berarti masih terdapat faktor-faktor lain sebesar 82,1 % seperti budaya, kelas sosial, peran, dan status, serta kepribadian dan konsep diri yang mempengaruhi intensi membeli pada produk minuman berkarbonasi di luar variabel persepsi terhadap iklan komersial di televisi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap iklan komersial, intensi membeli,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 09 Jul 2010 08:27
Last Modified: 14 Nov 2010 21:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8091

Actions (login required)

View Item View Item