ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” DI KECAMATAN GEMOLONG SRAGEN

Rusdiana , Yunita (2010) ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA SWALAYAN “ASSGROS SARTIKA” DI KECAMATAN GEMOLONG SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060208.pdf

Download (55kB)
[img] PDF
B100060208.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas konsumen. Dalam penelitian ini digunakan model relationship marketing yang mencakup empat macam variabel independen yaitu variabel memahami harapan konsumen, kerjasama dengan konsumen, komitmen, kepercayaan. Dan variabel dependen pada penelitian ini adalah loyalitas konsumen. Penelitian ini mengambil tempat swalayan Assgros Sartika di kecamatan Gemolong Sragen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan swalayan Assgros Sartika di kecamatan Gemolong Sragen.  Sebanyak 100 orang diambil sebagai sampel, teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah pemilihan sampling berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen swalayan Assgros Sartika di kecamatan Gemolong Sragen. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden, data sekunder yaitu penyalinan data yang ada pada swalayan Assgros Sartika di kecamatan Gemolong Sragen dan buku referensi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 19 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa keempat variabel independen (memahami harapan konsumen, kerjasama dengan konsumen, komitmen, dan kepercayaan) berpengaruh positif terhadap variabel dependen (loyalitas konsumen). Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran yaitu Swalayan Assgros Sartika Gemolong Sragen harus selalu berupaya untuk terus menerus untuk memelihara hubungan yang baik, memahami harapan konsumen, mampu bekerja sama dengan konsumen dan meyakinan konsumen, bahwa konsumen akan menemukan apa yang diinginkan di Swalayan Assgros Sartika sehingga konsumen akan tetap loyal terhadap perusahaan.  

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: relationship marketing, loyalitas konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 08 Jul 2010 08:41
Last Modified: 25 Sep 2018 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8069

Actions (login required)

View Item View Item