PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN

WIDAGDO , BAYU KUMOLO (2010) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100060133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF
B100060133.pdf

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sragen dan menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dalam penelitian ini digunakan lima macam variabel independen yaitu: reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bukti fisik) sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pasien. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat di RSUD Sragen. Dalam penelitian ini diambil sampel dengan jumlah 100 responden, Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu pengambilan sampel dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik pengambilan sampel ditentukan dengan Random Sampling yaitu pemilihan sekelompok subyek yang didasarkan atas setiap populasi memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel. Selain itu peneliti juga menggunakan data sekunder yaitu data yang berhubungan dengan analisa data. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa kelima variabel independen (Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan Tangible) secara individu berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Kepuasan Pasien). Hasil uji F menunjukkan bahwa kelima variabel independen secara bersama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dari hasil koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,646 yang menunjukkan semua variabel independen mempunyai pengaruh terhadap peningkatan maupun penurunan kepuasan pasien. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan Y = 1,691+ 0,738X1 + 0,119X2 + 0,123X3 + 0,397X4 + 0,134X5. Berdasarkan analisis tersebut dapat diketahui bahwa variabel yang paling signifikan adalah variabel reliability (keandalan).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reliability, Responsivenes, Assurance, Empathy, Tangible dan Kepuasan Pasien.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 07 Jul 2010 09:34
Last Modified: 14 Nov 2010 21:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8061

Actions (login required)

View Item View Item