PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN PERSEPSI MANAJER KOPERASI TENTANG INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN PSAK NO.27 DI KABUPATEN GROBOGAN

Pamungkas, Ratna Ayu (2008) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN, DAN PERSEPSI MANAJER KOPERASI TENTANG INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PENERAPAN PSAK NO.27 DI KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040248.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
B200040248.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Manajer membutuhkan informasi akuntansi agar dapat memprediksi peluang dimasa depan dan analisa terhadap lingkungan bisnis dalam rangka pengambilan keputusan. Informasi ini kemudian dijabarkan oleh pihak manajer dalam setiap aktivitas perusahaan. Sedangkan tingkat pendidikan, pengalaman, dan persepsi manajer tentang informasi akuntansi berkaitan dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih tinggi, sehingga dapat membantu manajer dalam mengelola perusahaan secara profesional, khususnya dalam penerapan standar akuntansi keuangan (PSAK) No. 27 tentang koperasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman, dan persepsi manajer tentang informasi akuntansi terhadap PSAK No.27. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Grobogan sebanyak 250 koperasi. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 40 koperasi dan dalam satu koperasi diambil seorang manajer yaitu manajer keuangan yang mengelola tentang penyajian laporan keuangan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Skor hasil kuesioner yang diperoleh kemudian diuji validitas dan reliabilitas menggunakan analisis korelasi product moment dan crobach’s alpha. Data dianalisis menggunakan regresi ganda, uji t, uji F, uji koefisien determinasi, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat pendidikan manajer berpengaruh positif terhadap penerapan PSAK No. 27 pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya pemahaman yang baik tentang penerapan PSAK No.27 berhubungan dengan latar belakang pendidikan manajer koperasi ; (2) Pengalaman kerja berpengaruh positif terhadap penerapan PSAK No. 27 pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya pemahaman yang baik tentang penerapan PSAK No.27 berhubungan dengan lamanya pengalaman manajer koperasi; (3) Persepsi manajer koperasi tentang informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap penerapan PSAK No. 27 pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya pemahaman yang baik tentang penerapan PSAK No.27 berhubungan dengan persepsi manajer koperasi tentang informasi akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pengalaman, persepsi informasi akuntansi, penerapan PSAK No. 27.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Jan 2009 07:36
Last Modified: 02 Feb 2011 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item