HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK PONSEL MERK NOKIA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI

Pratiwi , Dian (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS PRODUK PONSEL MERK NOKIA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050106.pdf

Download (167kB)
[img] PDF
F100050106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Individu dalam memilih suatu produk selalu menginginkan produk yang baik dan berkualitas. Selama ini persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk masih diwarnai keragu-raguan karena konsumen hanya mendapatkan sedikit informasi yang objektif dari produsen, sedangkan konsumen membutuhkan informasi yang akurat untuk mempersespsikan kualiatas produk sehingga dapat disesuaikan dangan kebutuhan dan keingginan agar dapat mempengaruhi keputusan membeli. Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan keputusan membeli. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas produk dengan keputusan membeli. Populasi penelitian adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri I Wirosari Kab. Grobogan yang berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive non random sampel yaitu pengambilan sampel berdasarkan ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya dan dimana tidak semua individu dalam populasi diberi kesempatan yang sama untuk ditugaskan menjadi anggota sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: 1) berusia 15 – 18 tahun; 2) Pernah menggunakan atau sedang telepon genggam merk Nokia; 3) Tercatat sebagai siswa SMA N I Wirosari kelas XI. Dari jumlah yang memenuhi karateristik ciri-ciri subjek penelitian sebanyak 114 siswa, dari subjek tersebut kemudian digunakan 39 siswa untuk try out dan 75 siswa untuk penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap kualitas poduk dan skala keputusan membeli. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi product moment. Rerata empirik variabel persepsi terhadap kualitas produk lebih besar dari rerata hipotetik (114,213 > 92,5) dengan SD= 18,5. Berarti persepsi terhadap kualitas produk tergolong tinggi. Rerata empirik variabel keputusan lebih besar dari rerata hipotetik (107,227 > 87,5) dengan SD= 105. Berarti persepsi terhadap kualitas produk tergolong tinggi. Sumbangan efektif variabel persepsi terhadap kualitas produk terhadap keputusan membeli sebesar 16,4% ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2 ) sebesar 0,164. Hal ini berarti masih terdapat 83,6% faktor-faktor lain yang keputusan membeli selain variabel persepsi terhadap produk. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,405 dengan p = 0,001 (p ≤ 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan keputusan membeli. Kesimpulan penelitian menyatakan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap kualitas produk dengan keputusan membeli, Hal ini berarti semakin tinggi/positif persepsi terhadap kualitas produk maka semakin tinggi keputusan membeli.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi terhadap kualitas produk, keputusan membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 05 Jul 2010 08:01
Last Modified: 14 Nov 2010 22:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/8009

Actions (login required)

View Item View Item