ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI LAPTOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)

JATI , SASMITO (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI LAPTOP (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100060086.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
B100060086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam memasarkan produknya adalah memahami perilaku konsumen. Pemahaman mengenai perilaku kosumen ini menjadi dasar dalam menentukan strategi pemasaran dengan memperhatikan hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dengan bauran pemasaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam membeli laptop. Penelitian ini dengan menggunakan 2 skala sikap, yaitu model Semantic-Differential scale dan model skala Likert (Likert scale). Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara wawancara atau interview, angket atau kuesioner, observasi dan studi pustaka. Responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Metode analisa yang digunakan untuk menyederhanakan dengan menggunakan analisis faktor. Metode analisis faktor merupakan suatu metode yang mencoba menemukan hubungan saling tergantung antara variabel dan membentuk variabel yang lebih sederhana dari jumlah variabel awal, sehingga didapatkan satu set variabel yang baru. Proses analisis faktor terdiri dari penilaian variabel yang layak, faktoring, rotasi faktor, dan pemberian nama atau identitas faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang mempengaruhi konsumen dalam membeli laptop adalah produk, harga, distribusi, promosi dan ukuran laptop. Faktor produk memberikan pengaruh sebesar 34,64%, faktor harga memberikan pengaruh sebesar 10,23%, distribusi memberikan pengaruh sebesar 7,65%, promosi memberikan pengaruh sebesar 6,75% dan faktor ukuran laptop memberikan pengaruh sebesar 5,87%. Secara kumulatif kelima faktor tersebut memberikan pengaruh sebesar 65,13%. Hal ini menunjukkan bahwa keputusan responden dalam memilih laptop sangat dipengaruhi oleh kelima faktor internal tersebut. Hasil analisis faktor eksternal menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam memilih laptop secara berurutan dipengaruhi oleh empat faktor yaitu faktor personal, faktor psikologi, faktor sosial, dan faktor kultural. Faktor personal memberikan pengaruh sebesar 39,08%, faktor psikologi memberikan pengaruh sebesar 12,13%, faktor sosial memberikan pengaruh sebesar 9,8% dan faktor kultural memberikan pengaruh sebesar 7,34%. Secara kumulatif keempat faktor tersebut memberikan pengaruh sebesar 68,37%. Hal ini berarti menunjukkan bahwa keempat faktor eksternal tersebut sangat mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih laptop.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Perilaku Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Jul 2010 08:54
Last Modified: 14 Nov 2010 22:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item View Item