PERSEPSI NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP INFORMASI YANG HARUS DIUNGKAPKAN DALAM LAPORAN NILAI TAMBAH DAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PADA LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH (Survey pada Bank BRI Syariah dan Bank Muammalat Cabang Surakarta)

Soraya, Rania (2008) PERSEPSI NASABAH BANK SYARIAH TERHADAP INFORMASI YANG HARUS DIUNGKAPKAN DALAM LAPORAN NILAI TAMBAH DAN LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PADA LAPORAN KEUANGAN BANK SYARIAH (Survey pada Bank BRI Syariah dan Bank Muammalat Cabang Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040289.pdf

Download (92kB)
[img] PDF
B200040289.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan institusi keuangan Islami seperti bank syariah, asuransi syariah, dan pasar modal syariah cukup pesat. Fenomena tersebut membawa konsekuensi kebutuhan akan konsep dan praktek akuntansi syariah yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Ketiadaan standar yang benar-benar memenuhi syariat dalam hal pelaporan keuangan organisasi Islami menjadi penting mengingat keberadaannya oleh pakar akuntansi syariah dianggap lebih mewakili wajah akuntansi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah bank syariah terhadap Laporan Pertanggungjawaban Sosial dan Laporan Nilai Tambah dalam Laporan Keuangan Bank Syariah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang bermaksud menggambarkan keadaan obyek penelitian apa adanya. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan syariah yang berada di wilayah Surakarta. Sampel diambil dari sebanyak 60 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner Teknik analisis data menggunakan uji beda satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan persepsi di antara nasabah bank syariah tentang informasi yang harus diungkapkan dalam Laporan Nilai Tambah pada Laporan Keuangan Bank Syariah dan H1 diterima. Mayoritas nasabah (48,7%) memandang bahwa Laporan Nilai Tambah Dalam Laporan Keuangan Bank Syariah adalah sangat penting karena laporan tersebut dapat menunjukkan peningkatan kesejahteraan yang dihasilkan oleh penggunaan sumber daya manusia perusahaan yang dialokasikan kepada pemegang saham, pemegang obligasi, pegawai dan pemerintah. (2) Terdapat perbedaan persepsi di antara nasabah bank syariah tentang informasi yang harus diungkapkan dalam Laporan Pertanggungjawaban Sosial pada Laporan Keuangan Bank Syariah dan H2 diterima. Mayoritas nasabah bank syariah (46,8%) memandang bahwa laporan Pertanggungjawaban Sosial dalam Laporan Keuangan Bank Syariah adalah sangat penting karena laporan tersebut dapat menunjukkan kinerja perusahaan, ukuran dan prosedur pengukuran, yang bermanfaat untuk mengevaluasi kinerja sosial perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pertanggungjawaban Sosial, Laporan Nilai Tambah, Laporan Keuangan Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Jan 2009 03:42
Last Modified: 02 Feb 2011 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item