ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAYUMAS I DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN

SUSANTO, HERI (2008) ANALISIS CARA BERPIKIR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAYUMAS I DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL OPERASI PEMBAGIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040159.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara berpikir siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian, yang berdasarkan atas jenis kelamin. Tempat penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri Kayumas I yang terletak di Desa Kayumas Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kayumas I. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, melakukan tes, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui cara berpikir anak, peneliti melakukan tes terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan wawancara yang dilaksankan langsung dengan siswa. Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber dan member chek. Dari penelitian yang dilakukan rata-rata siswa laki-laki yaitu 19,62 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata siswa perempuan yaitu 13,16 tetapi nilai tertinggi dari hasil tes tersebut diperoleh oleh siswa perempuan, ini membuktikan bahwa tidak semua siswa perempuan kalah dalam perolehan nilai dengan siswa laki-laki. Analisis terhadap kesalahan yang dilakukan oleh siswa diperoleh bahwa 40,6 % siswa mengalami kesalahan dalam memahami konsep, 31,25 % siswa mengalami kesalahan dalam penerapan rumus dan 56,25 % siswa mengalami kesalahan dalam melakukan perhitungan. Dalam operasi pembagian, ada dua jenis soal pembagian yang harus diperhatikan yaitu mesurement division dan partitive division. Siswa lebih sulit menyelesaikan soal-soal yang berjenis measuremen dibandingkan dengan partitif karena soal measurement lebih membutuhkan ketelitian dibandingkan dengan soal partitive. Dalam menyelesaikan soal-soal pembagian yang diberikan, cara yang digunakan siswa untuk menyelesaikan soal-soal pembagian ada beberapa macam, diantaranya menggunakan turus, pengurangan secara bersusun, penjumlahan bersusun, menggunakan sifat komutatif penjumlahan, dan menggunakan pembagian secara bersusun atau porogapit. Cara berpikir anak dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian dapat ditinjau dari tiga hal, yaitu siswa masih kesulitan dalam menganalisis soal cerita, pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal-soal operasi pembagian masih sangat rendah tetapi siswa kelas IV SD Kayumas I dalam melakukan perhitungan sudah cukup baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cara Berpikir, Partitive Division, measurement Division, Operasi Pembagian, Jenis Kelamin
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 12 Jan 2009 08:11
Last Modified: 17 Nov 2010 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/792

Actions (login required)

View Item View Item