PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta)

Aeni, Nina Nur (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII B SMP Muahammadiyah 5 Surakarta sebagai subyek pemberi tindakan, kepala sekolah subjek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas VIII B yang berjumlah 36 orang sebagai subjek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan , dan tes tertulis. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menampilkan kalimat matematika dengan bentuk simbol di akhir putaran mencapai 58.33%, kemampuan menggunakan rumus dengan tepat mencapai 72.22%, melakukan operasi hitung dengan benar pada akhir putaran mencapai 27.78%, dan kemampuan siswa dalam menkomunikasikan gagasan atau ide dalam menyelesaikan soal pada akhir putaran mencapai 38.89%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas hanya prestasi belajar siswa mencapai daya serap kelas 12.12%, sedangkan sesudah tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 61.76%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan belajar kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran, jigsaw, persamaan garis lurus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 12 Jan 2009 07:28
Last Modified: 19 Nov 2019 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item