Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus: Jalan Raya Solo – Yogyakarta Km 11+100 – Km 17+100)

Sungkar, Farhad Salim and -, Ir. Agus Riyanto MT (2019) Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas dan Alternatif Solusinya (Studi Kasus: Jalan Raya Solo – Yogyakarta Km 11+100 – Km 17+100). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB...pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya Solo – Yogyakarta merupakan jalan Nasional dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi. Keselamatan berkendara merupakan hal yang utama dan wajib diperhitungkan oleh para pengguna jalan agar tidak terjadi kecelakaan yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kecelakaan dan mengetahui alternatif solusi untuk mengurangi tingkat kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode UCL (Upper Control Limit). Data – data yang diperlukan berupa data primer (kondisi jalan, dan fasilitas pelengkap jalan) dan data sekunder (data Lalu lintas Harian Rata-rata tahun 2016-2018, dan data kecelakaan lalu lintas tahun 2016-2018). Data kecelakaan lalu lintas dianalisis untuk mengetahui angka kecelakaan lalu lintas (Equivalent Accident Number), dari data tersebut dapat digunakan metode Upper Control Limit dengan parameter angka kecelakaan dan tingkat kecelakaan segmen untuk mengetahui nilai Upper Control Limit sebagai batas kendali atas untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan. Berdasarkan analisis kecelakaan lalu lintas dan alternatif solusinya didapat hasil untuk menentukan daerah rawan kecelakaan (Blackspot). Penyebab terbesar terjadinya kecelakaan adalah manusia. Tipe kecelakaan yang paling dominan yaitu tabrak depan – samping. Waktu kecelakaan terbanyak pukul 06.00 – 12.00 WIB. Kendaraan yang banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Pada analisis dengan metode Upper Control Limit (UCL) dengan parameter tingkat dan angka kecelakaan terdapat dua segmen daerah rawan yaitu Km 11+600 – Km 12+100 dan Km 12+100 – Km 12+600. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan, penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas pada ruas jalan tersebut disebabkan karena adanya pelanggaran tata tertib lalu lintas dan kelalaian manusia. Alternatif solusi yang diberikan yaitu, pengawasan oleh kepolisian, sosialisasi mengenai keselamatan mengemudi, dan penyuluhan kepada pengemudi tentang patuh rambu lalu lintas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan, blackspot, upper control limit.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: FARHAD SALIM SUNGKAR
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:25
Last Modified: 21 Nov 2019 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79041

Actions (login required)

View Item View Item