PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG PECAHAN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK KECIL (PTK Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Pabelan Tahun Ajaran 2007/2008)

MIRAWATI, EKA IMA (2008) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG PECAHAN SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK KECIL (PTK Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Pabelan Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040186.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep berhitung pecahan siswa sekolah dasar melalui a) kemampuan mengkonstruksikan soal cerita kedalam model matematika, b) kemampuan menggunakan rumus dan c) proses perhitungan, dengan model pembelajaran diskusi kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah peneliti sendiri yang bertindak sebagai subjek yang memberi tindakan dibantu guru kelas IV. Kepala Sekolah SD Negeri I Pabelan sebagai subjek dalam perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas IV SD Negeri I Pabelan Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 31 siswa sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah (1) peningkatan presentase pemahaman konsep berhitung pecahan siswa melalui (a) peningkatan mengkonstruksikan soal cerita ke dalam model matematika dari 6,45% menjadi 16,12%, (b) kemampuan menggunakan rumus dari 32,25% menjadi 36,66%, dan (c) peningkatan proses perhitungan dari 22,58% menjadi 45,16%. Serta (2) peningkatan hasil belajar siswa dari 32,25% menjadi 54,83%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep berhitung, Diskusi kelompok kecil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 12 Jan 2009 07:20
Last Modified: 17 Nov 2010 10:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item View Item