ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK LINGKUNGAN DAN KARAKTERISTIK TOKO TERHADAP SERVICE ORIENTATION

Utomo, Bonar Sapto (2008) ANALISA PENGARUH KARAKTERISTIK LINGKUNGAN DAN KARAKTERISTIK TOKO TERHADAP SERVICE ORIENTATION. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah .

[img]
Preview
PDF
B100040012.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
B100040012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya intensitas persaingan pengecer di Pasar lokal membuat para pengecer untuk dapat bersaingan dan unggul di lingkungan pemasarannya, dampak positif dari persaingan tersebut membuat para pengecer menjadi sadar akan pentingnya menarik perhatian para konsumen dan pelanggan yaitu salah satunya adalah dengan menerapkan service orientation di dalam Tokonya masingmasing. Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa pengaruh Karakteristik lingkungan dan Karakteristik toko tersebut berpengaruh pada penerapan service orientation oleh para pengecer (retailer) di dalam tokonya. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi mengenai perlunya menerapkan service orientation dengan pertimbangan karakteristik lingkungan dan karakteristik toko. Pada penelitian ini akan menggunakan variabel karakteristik lingkungan dan karakteristik toko untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap service orientation, populasi penelitian ini adalah: Minimarket dan Swalayan yang berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah: 30 swalayan dan mini market yang berada di Jawa tengah dan Jawa timur, dengan metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode convienuence samplin. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik lingkungan dan karakteristik toko berpengaruh signifikan terhadap service orientation. Karakteristik lingkungan dan karakteristik toko berpengaruh sebesar 37,6% terhadap perubahan yang terjadi dalam penerapan service orientation, sedangkan sisanya sebesar 62,4% perubahan yang terjadi dalam service orientation di jelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Karakteristik lingkungan menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi service orientation dibandingkan dengan karakteristik toko.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persaingan, inovasi, kualitas, kepuasan, pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Jan 2009 03:08
Last Modified: 02 Feb 2011 05:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item