Studi.Rugi Daya Listrik Akibat Korona Pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) 500 KV Gardu Induk Pedan-Ungaran

Anggara, Wisnu and , Ir.Jatmiko,MT (2019) Studi.Rugi Daya Listrik Akibat Korona Pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) 500 KV Gardu Induk Pedan-Ungaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (854kB)

Abstract

Korona merupakan suatu permasalahan yang patut diperhatikan dalam system-transmisi daya listrik dengan suatu tingkat tegangan yang lebih tinggi, akibat dampak korona, selain merusak peralatan, berisik, dan mengganggu gelombang radio, akibat yang ditimbul korona rugi_rugi daya yang besarnya berbanding lurus dengan panjang saluran transmisi. Melepaskan rugi-rugi daya yang di akibatkan korona, bisa dilakukan dengan memperbesar jarak antar kawat penghantar, memperluas penampang kawat penghantar dan transposisi jaringan transmisi. Penelitian ini membahas mengenai tentang rugi-rugi korona di dalam saluran Transmisi 500 kV yang menghubungkan gardu induk Pedan dengan gardu induk Ungaran. Perbedaan nilai rata-rata faktor kerapatan udara perbulannya berakibat kenaikan besar rugi-rugi daya korona yang cukup signifikat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: corona, transmission line, power loss.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: WISNU ANGGARA
Date Deposited: 19 Nov 2019 10:20
Last Modified: 19 Nov 2019 10:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/78896

Actions (login required)

View Item View Item