Efektivitas Strategi Jigsaw Dalam Pembelajaran Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Mam Gantung Belitung Timur

Suparno, Rahmat Riandi and , Siti Azizah Susilawati, S.Si, MP. (2019) Efektivitas Strategi Jigsaw Dalam Pembelajaran Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Mam Gantung Belitung Timur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (855kB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas strategi jigsaw dalam pembelajaran siswa mata pelajaran geografi kelas X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan strategi Jigsaw. Subjek penelitian adalah kelas X yang berjumlah 22 siswa. Metode pengambilan data menggunakan sampel random sampling, penelitian ini menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelompok XB yaitu kelompok kontrol dengan jumlah 11 siswa sedangkan kelompok XA yaitu kelompok Eksperimen dengan jumlah 11 siswa pembagian kelompok kontrol dan eksperimen berasal dari kelas X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur yang hanya mempunyai satu kelas setiap tingkatannya dimulai dari kelas X, XI dan XII pembagian kelompok ini guna untuk mempermudah peneliti dalam pengambilan data penelitian. Hasil uji normalitas dengan mengunakan metode Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan nilai sig α (Sig 2-tailed) kelompok kontrol pre-test 0.621 dan post-test 0.329. Kelompok eksperimen memiliki nilai sig α (Sig 2-tailed) pre-test 0.653 dan post-test 0.843. Semua data hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan data yang normal. Hasil Uji T-test kelas eksperimen memiliki nilai sig (2- tailed) 0.000 atau <0,05. Artinya Ha diterima sedangkan Ho ditolak, hal ini menunjukan bahwa penggunaan strategi pembelajaran jigsaw pada kelompok eksperimen menunjukan perbedaan yang signifikan pada hasil pembelajaran. Hasil dari data Tes Uji N-Gain kelompok eksperimen memiliki rata-rata 31,97 dan kelompok kontrol memiliki rata-rata 12,52. Data hasil perhitungan uji N-gain menunjukan kelompok eksperimen memiliki nilai sedang dan kelompok kontrol menunjukan nilai rendah. Data uji NGain menunjukan bahwa pembelajaran kelompok eksperimen lebih efektif dibandingkan kelompok kontrol. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa strategi jigsaw yang diterapkan di kelas X MAM Gantung Belitung Timur Efektif ditunjukan dari hasil perhitungan penelitian yang menggunakan hasil uji T-test, uji normalitas, dan uji N-gain. Kata Kunci : Penerapan Strategi Jigsaw Tujuan Pembelajaran Abstract The purpose of this study was to determine the effectiveness of the jigsaw strategy in the learning of geography subjects in class X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur in the academic year 2018/2019 using the Jigsaw strategy. The research subjects were class X which amounted to 22 students. The data collection method used random sampling, this study used a control group and an experimental group, XB group was a control group with 11 students while XA group was an Experiment group with 11 students dividing the control and experiment groups from class X MA Muhammadiyah Gantung Belitung Timur which only has one class each level starting from class X, XI and XII division of this group in order to facilitate researchers in collecting research data. The results of the normality test using the Kolmogorov- Smirnov Test method showed the sig α (Sig 2-tailed) control group pre-test 0.621 and post-test 0.329. The experimental group had sig α (Sig 2-tailed) pre-test 0.653 and post-test 0.843. All pre-test and post-test results in the control group and the experimental group showed normal data. T-test results of the experimental class have a sig (2- tailed) value of 0,000 or <0.05. This means that Ha is accepted while Ho is rejected, this shows that the use of jigsaw learning strategies in the experimental group shows a significant difference in learning outcomes. The results of the N-Gain Test Data of the experimental group had an average of 31.97 and the control group had an average of 12.52. N-gain test calculation data results show the experimental group has a moderate value and the control group shows a low value. N-Gain test data showed that the experimental group learning was more effective than the control 2 group. From the results of research that has been done shows that the jigsaw strategy applied in class X MAM Hang Belitung Timur Effective is shown from the results of research calculations using the results of the T-test, normality test, and N-gain test. Keywords: Implementation of Jigsaw Learning Objectives Strategy

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Jigsaw Learning Objectives Strategy
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: RAHMAT RIANDI SUPARNO
Date Deposited: 13 Nov 2019 10:36
Last Modified: 13 Nov 2019 10:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/78544

Actions (login required)

View Item View Item